Sabtu, 30 Januari 2021

Saatnya Remaja Indonesia Sehat Bebas Anemia

Tanggal 25 Januari 2021 merupakan Hari Gizi Nasional, di karena Pandemi acara tersebut berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Saya sendiri mengikuti acara ini secara virtual lewat aplikasi Zoom dan juga disiarkan langsung lewat YouTube.

Tahun ini Hari Gizi Nasional ke-61 mengambil tema Remaja sehat Bebas Anemia. Pentingnya saat ini para remaja untuk mendapatkan asupan gizi untuk masa pertumbuhan sehingga menjadikan ke depannya lebih kuat.  Sebab masa depan bangsa untuk tahun berikutnya adalah  ada di Remaja saat ini.

Kementrian Kesehatan dalam acara Hari Gizi Nasional ke-61, membeberkan dampak pertumbuhan gizi pada anak remaja. Remaja sekarang mulai membiasakan untuk healthy lifestyle. Dimana Pak Menteri Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Indonesia akan masuk dalam negara G-5  yaitu dimana ekonomi negara akan membaik.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa teman tahun ini yang di usung adalah Remaja sehat Bebas Anemia, dimana Riset kesehatan dasar adalah 3 dari 10 anak kekurangan zat besi.

Akibat dari faktor ini adalah asupan gizi yang kurang seimbang. Atas dasar ini Menteri Kesehatan dan 3 Kementerian lainnya berkomitmen akan membatu remaja Indonesia untuk memenuhi gizi yang seimbang. Komitmen tersebut dengan pemberian tablet kepada remaja terutama Remaja putri usia 16-18 tahun setiap Minggunya. Hal ini dilakukan di setiap sekolah agar kasus anemia bisa teratasi.

Salah satu langkah dilakukan adalah melakukan penyuluhan berbentuk gambar visual. Bisa di lihat pada gambar di bawah ini. (Dokumentasi : Kementerian Kesehatan)


Selain asupan makanan yang bergizi di harapkan remaja juga tahu pentingnya olahraga. Nah perlunya juga peran orangtua dalam memantau anak remaja. Karena orangtua adalah orang terdekat dalam keluarga yang bisa memperhatikan untuk masalah gizi yang cukup. Pentingnya Gizi Seimbang dan Konsumsi TTD Pada Remaja Untuk Mencegah Anemia di Indonesia.

Pada acara Hari Gizi Nasional oleh Ibu Endang L. Achadi mengatakan Anemia adalah keadaan  dimana konsentrasi HEMOGLOBIN(Hb), yang berada didalam sel darah merah lebih rendah dari seharusnya yaitu: Hb< 13 g/dL pada laki-laki dewasa dan HB < 12 g/dL pada Perempuan dewasa. Kali ini saya hanya membahas point point penting tentang Anemia. Berkurangnya oksigen ke jaringan menyebabkan berbagai gejala 5 L yaitu :

  • Letih
  • Lemah
  • Lesu
  • Lelah
  • Lalai

Gejala lainnya :

  • Kulit pucat atau kekuningan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Nafas pendek
  • Sakit dada
  • Tangan dan kaki dingin
  • Sakit kepala
  • Pusing (ber-putar2/ber-kunang2).

Untuk Pencegahannya PENCEGAHAN

  • Pola Makan Bergizi seimbang.
  • Mengonsumsi Tablet Tambah Darah sesuai anjuran.
  • Menjaga kebersihan.
Perlunya Tablet Tambah Darah (TTD)
  • Tablet Tambah Darah (TTD) adalah suplemen yang berisi zat besi dan
  • asam folat yang berfungsi untuk membantu membentuk hemoglobin
  • Zat besi: Ferrous Fumarat , ferrous gluconate , carbonyl iron atau jenis
  • zat besi lainnya, yang setara dg 60 mg Besi Elemental, dan 0.4 mg (atau 400 ug) Asam Folat

Siapa yang harus minum Tablet Tambahan Darah :
  • Remaja
  • Wanita usia subur
  • Calon pengantin
  • Ibu hamil dan nifas.


Jumat, 30 Oktober 2020

Malam Itu Horor

Hari tepatnya 7 hari kepergian mama. Sedih masih terasa. Tapi aku bukan mau ceritakan tentang kepergian mama, tapi pengalaman aku tentang hari itu.

Nah aku mulai ya..

Tepatnya jam 01.00 malam. Geg laper bangeeet, ya sudah dong geg langsung ke ingat kantin yang buka 24 jam. Nah dari gedung lantai 3, geg menurunin tangga sampe ke lantai dasar. Mulai lah geg melewati lorong satu dengan santai.

Lalu lanjut belok kanan lorong kedua disini biasanya geg sering merinding cuman geg selalu cuek, bodoh amatlah lah ya  

Lorong ke kedua ini emang lampunya ga terlalu terang. Ada niat nih mau Live IG saat itu.

Eh... pas posisi sudah mulai  IG live. Mulai terasa aneh,   Berasa ada yang ikutin. Belakang/punggung geg langsung dingin kayak es. Trus makin lama mulai dah punggung terasa berat.

Tidak berapa lama terdengar suara tempat tidur di dorong gitu, tepatnya di belakang geg, tapi kok ga nyampe nyampe gitu ya, ga brani dong lihat belakang, cuman tengok kanan kiri ga ada siapa siapa, ruangan samping kanan kiri gelap.

Trus nih masih Live IG masih ngomong gitu, geg mau nekat tengok ke belakang, tapi kok punggung mulai terasa berat, berasa juga ada yang di belakang geg, selintas kayak bayangan hitam. Mulai dah Geg lihat di layar Hp, siapa gerangan di belakang geg ya... trus penasaran sama tempat tidur yang beroda, lihat di layar hp ga ada,  mulai nambah nambah nuansa anginnya dingin kayak es, lalu kerasa di area leher belakang dan punggung kok makin berat aja. Malam itu geg berusaha percepat langkah, tapi tetap terasa berat... Trus kenapa ujung lorong kedua terasa jauh.

Ya udah cepatan geg matikan IG Live, lalu berujar..., Udah ah... Ga jadi IG live... beneran ga jadi... Jangan ikut lagi ya... berat ini belakang/punggung geg,  udahan ya.. beneran udah di matiin.

Akhirnya sampe di ujung lorong kedua, geg belok kiri masuk lorong lain.., geg tengok ke arah lorong yg baru geg lewatin... Sekelibet bayangan hitam berlalu, cuman geg penasaran tempat tidur dorong itu kok ga ada. Trus yang tadi itu apa ya... Ihhhh... Mempercepat jalan sampe di ujung lorong terakhir... Astaga baru kali di ajak becanda, biasa juga jam 2 lewat situ aman aman aja.

Sampai ujung lorong terakhir,  geg cari kantin 24jam. Di kantin beli minyak kayu putih dan roti kacang. Padahal niatnya mau beli nasi bungkus.. ga selera lagi 

Setelah itu kekasir, eh kasir cowoknya ganteng 😄 sedikit kurangi ketegangan, yaah adem dikitlah lihat yang bening di jam 1 malam.

Dari kantin, geg mulia lagi kembali ke ruangan yang mau di tuju, dasar sial mau lewat jalur lain jauh banget dan lampu ga begitu terang.

Terpaksa lewat di lorong yang sama.

Tapi sebelum lewatin lorong tersebut,   Geg ngomong dulu... 'Udah ya... Geg ga lagi siaran langsung... Mohon jangan ganggu, biarkan geg lewat sini.. tolong kalian jangan main dulu di lorong ini biarkan geg lewat sampe ujung, setelah itu terserah kalian."

Mulai tarik napas lewatin lorong tersebut,  lorong tersebut aman, udara normal ga kayak tadi, tetapi sisi kanan kiri berisik. Ah bodoh amatlah geg mempercepat langkahnya geg.  Sampe ujung lorong... Ah legah lah.

Uh.. baru kali lewat lorong itu kok,.. cuman keisengan mau IG live, eh  pada mau ikutan 😬😬.

Minggu, 13 September 2020

Kelas Literasi Zakat dan Wakaf

Membayar Zakat sudah di atur dalam rukun Islam ke-4. 

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka" (QS. At-Taubah)

Pada tanggal 31 Agustus 2020 saya dan beberapa teman blogger mengikuti acara yang diadakan oleh Kementrian Agama membahas "Kelas Literasi Zakat dan Wakaf'.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang Wakaf.

Bagi saya sendiri pengetahuan tentang Wakaf masih sangat awan, bersyukur sekali saya bisa mengikuti Kegiatan ini Yang diadakan di Nirmala Hotel & Convention Center Bali, Bimas Islam oleh Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Bali.  Dalam kegiatan kelas tersebut dihadiri sekitar  90 peserta dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dari pagi hingga sore. 

Adapun Narasumberc yang mengisi kegiatan tersebut :

1. Bapak Drs. H. Nasir, M.Pd.

2. Bapak Sukma dwie Priardi 

3. Bapak Andi Krisna

4. Bapak Dr. Zaenuri, MH.


Apakah itu Wakaf ?

pertama yang harus kita ketahui pengertian tentang Wakaf.   pengertian wakaf merupakan praktik sedekah harta secara permanen dengan membekukan atau membatasi pemanfaatannya

tentunya diperbolehkan dalam syariat Islam. Jadi Wakaf adalah dengan menyedekahkan harta secara permanen kepada orang lain. Tujuan ini tidak lain untuk mendatangkan manfaat bagi masyarakat, baik itu di bidang pendidikan, sosial, atau yang lainnya.


Bagaimana Wakaf untuk saat ini khusus generasi Millenial??

Harapan tersebar saat ini adalah agar generasi  mellenial menjadikan zakat dan wakaf sebagai gaya hidup, apalagi beberapa tahun kedepannya generasi millenal menjadi tonggak kemajuan bangsa ini atau kaum produktif. Terlebih banyaknya kemudahan saat ini melalui digital untuk pembayaran zakat dan wakaf.


Literasi Wakaf

Dalam UU. no 41 tahun 2014 tentang Wakaf. Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah atau kesejahteraan umum menurut syariah. 

Dalam Kelas Literasi Zakat dan Wakaf diakan suoaya kita semakin paham dan bisa menyampaikan ke masyarakat perlunya wakaf. Apalagi pembayaran zakat dan wakaf sudah bisa on-line.

Dalam kelas literasi ini saya pun jadi tahu lembaga lembaga yang mengelola zakat dan wakaf selain BAZNAS. Salah satunya adalah Bank Syariah Mandiri dan  LAZ. BSM salah satu Bank nasional yang ditunjuk untuk pembayaran dan mengelolah Zakat dan Wakaf. Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) meluncurkan  wakaf digital jadiberkah.id. Platform memudahkan transaksi wakaf baik bagi pemberi wakaf (wakif) ataupun pihak yang menerima harta benda wakaf (nazhir).


Dokumentasi





Rabu, 06 Mei 2020

Belanja Online Merek Terkenal di Mapemall.com

Mager..??? Malas banget keluar rumah apalagi sedang mewabah corona dijaman ini.  kita diminta untuk berada dirumah atas himbauan pemerintah, kita diminta untuk menghindari area publik dan tempat umum untuk mengurangi resiko menularnya virus corona. Walaupun mager tetap aja ya  ada rasa ingin jalan-jalan untuk beli Baju, Tas, Sepatu baru ke mall atau ke butik. Tapi ya pada akhirnya hanya bisa dipendam aja.

Eeiiiit….. untungnya sekarang ini serba digital, walaupun mager kita bisa belanja via Online, apalagi Belanja Online Barang Orginal. Berbicara tentang Jaman yang serba digital ini memang betul-betul ya merubah kebiasaan orang  jadi bergeser. Bila empat tahun lalu masih ada yang ragu berjualan dalam jaringan online. Nah sekarang ini justru banyak yang berlomba lomba untuk buka lapak dalam jaringan Online. Apalagi menampilkan produk yang memuaskan dan terpercaya.

Saya  melihat sekarang ini sudah banyak produk-produk yang di jual dalam jaringan online mulai dari produk UMKM (produksi rumah tangga) hingga barang barang bermerek. Lalu muncullah Industri e-commerce diramaikan oleh situs situs yang mengklaim terpercaya untuk kepuasan konsumen. Nah iseng nih saya buka google cari situs yang menjual produk-produk bermerek untuk belanja online khususnya Belanja Online Barang Orginal. Dan ketemulah salah satu situs yang bernama mapemall.com. Mulailah saya melihat Aplikasi Belanja Online ini, dengan memperhatikan satu persatu produk yang di jual di mapemall.com. Ternyata Mapemall adalah pilihan belanja online pertama loh dengan kategori  Fashion dan Lifestyle yang menyediakan Brand Original di Indonesia yang memberikan penawaran lebih dari 150 merk internasional  seperti Marks & Spencer, Lacoste, Mango, New Look, Nautica, Ben Sherman, Dr. Martens, Swatch, Birkenstock, Nike, Adidas, Reebok, Converse, New Balance, Asics, Marvel, Hasbro, Tumi, Samsonite, Onitsuka Tiger, Kipling, Oshkosh, Pacsafe from Travelogue, Apple, Ria miranda,  dan berbagai merek lainnya.)Mapemall mencakup banyak kategori seperti Fashion wanita, pria, anak- anak, olahraga, Travel, dan banyak lagi yang bermerek internasional.


Tambah penasaran saya nih sama Mapemall, saya pun mencari perusahaan mana yang mempunyai situs ini. Adalah  PT. Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) tahun 2016-2017 yang menyemarakkan industri Indonesia lewat mapemall.com. Selanjutnya tahun 2018 di luncurkan kembali oleh PT. Gcommerce Digital Asia, Mapemall hadir dengan desain teknologi O2O (Online ke Offline) yaitu belanja online dan mengambil barang langsung di toko offline untuk produk produk authentic. Mapemall adalah situs pertama  yang menyediakan Authentic Brand di Indonesia yang memudahkan untuk mengakses berbagai merek dan tentunya memilih fitur fitur canggih dan mudah. Kenyamanan belanja sudah pasti karena hadir 24 jam dengan kemudahan dalam pembayaran, dan layanan pengiriman ke semua kota yang ada di Indonesia. Oh ya Mapemall juga dapat di akses dimedia sosial melalui :
  • Facebook MapYourStyle
  • Instagram @mapemall_com @mapell_shop
  • Twitter @mapemall_com
  • Youtube mapemall_com

untuk bisa melihat informasi terbaru tentang fashion dan lifestyle. Tahun 2019 Mapemall menampilkan perfoma yang lebih lengkap lagi untuk kebutuhan dari berbagai macam kategori dengan menghadirkan ratusan merek internasional seperti, fashion untuk wanita, pria, anak-anak, kecantikan, olahraga, Travel, elektronik, alat tulis, dan gadget.


Setelah tahu profil perusahaan MAP Online Indonesia, barulah saya mulai berselancar nih, pengan tau lebih jelas lagi produk produk yang dijual oleh mapemall.com. Mataku pun tertuju pada produk-produk Travel, mulai deh naluri traveling bangkit lagi. Ya ampun bawaannya mupeng (muka pengen) bayangkan aja Discountnya mulai dari 20% sampe 60% loh. Tidak percaya lihat deh di bawah ini.  




Bertaburannya discount di Mapemall, tidak mungkinlah saya sia siakan kesempatan ini, apalagi Easy shopping 2020 ini sedang trend banget bersama Mapemall. Begitu juga banyaknya fitur-fitur yang menarik yang memudahkan kita untuk berbelanja. Contohnya nih Fitur Milla sebagai personal stylist, size accuracy (memberikan gambaran size yang sesuai dengan custumer) dan Just for You sebagai style advisor sesuai kateristik customer. Fitur lainnya Beli Online dan bisa langsung ambil di toko yaitu Pay & Pick.


Kemudahaan dan nyaman  Belanja Online sudah pasti ya, di tambah lagi yang paling super seru banget, SUPER DOUBLE BONUS Mapemall Gift Voucher (Voucher belanja)  dengan  me-reedem MAPCLUB point. Catat ya..!!, berlaku hingga akhir juni 2020. Langsung deh cepatan daftar jadi  member MAPCLUB, anggota MAPCLUB dapat menukarkan poin belanja dengan benefit Super Double Bonus, artinya point di tukarkan tersebut bernilai dua kali lipatnya.

Ada yang terlewatkan nih, Ampun banyak bangeeet discount di Mapemall. Catat lagi ya, Ramadhan dan Idhul fitri deals Up to & 70% off  + cashback 40% sudah dimulai sejak awal bulan Ramadhan hingga menjelang Idhul Fitri tanggal 24 April – 24 Mei 2020.


Nah langung unduh Mapemall sekarang juga dan temukan produk-produk yang kamu inginkan. Produk yang bisa di beli dalam waktu singat.

#MapYourStyle
#AtHomeWithUs

mapemall.com
+6221- 2525308
email hello@mapemall.com









Rabu, 27 November 2019

Ayo Sister Saatnya Kita Go Online


Tepatnya ditanggal 16 November 2019 di Balai Centre Industry Creative.. Bloggercrony bersama sisternet dan XL Axiata mengadakan Workshop yang bertajuk Kelas Literasi Digital Sister Go Online. 

Berbicara tentang UKM Bali saat ini grafiknya menunjukkan peningkatan. Semua ini tidak lepas juga dari peran perempuan Bali.

Nah saat ini ada program Sisternet CSR dari dari PT. XL Axiata menggandeng Bloggercrony mengadakan Kelas Literasi Digital dengan tajuk "Sister UKM Go Online" dimana memberikan sharing ilmu yang sangat bermanfaat buat Para Pelaku UKM khususnya UKM Perempuan.

Pada saat kami umumkan akan ada kelas Literasi Digital dan khusus untuk para Perempuan. Maka  antusiasnya begitu Luar Biasa.

Peserta yang hadir dalam workshop Kelas Literasi Digital Sister Go Online  berjumlah lebih dari 53 peserta UKM Bali. Acara ini menghadirkan narasumber :
  • Ibu  Adelia Panjaitan selaku Sisternet - XL Axiata,
  • ibu Tyas Windarti selaku CEO Bayi Banget Hijab,  
  • Mba Agnes  Pramasurya  XL - Axiata. 

acara berlangsung selama empat, Dari  jam pukul 10.10 hingga 13.00 wita.

Dan tepat pukul 10.10 wita Acara dimulai dengan  Pembukaan oleh MC di Lanjutkan menyanyikan Lagu indonesia Raya dan Doa.

Lalu di Mulailah kelas Literasi Digital dengan Narasumber pertama yaitu ibu Adelia Panjaitan yang memaparkan Peran Perempuan dalam Memajukan  Ekonomi Digital.
Dalam pemaparan dari ibu Adelia Panjaitan perwakilan dari Sisternet XL Axiata mengatakan bahwa  kita sebagai  perempuan harus mengambil peranan dalam perkembangan perekonomian digital dan mulai GO ONLINE kan bisnis kita yang kita punya agar tetap terus growth.. terlebih akan mendapatkan ilmu Financial Planning dari bu tyas.



Setelah Pemaparan dari ibu Adelia, Dilanjutkan Narasumber ke dua oleh ibu Tyas Windarti selaku CEO Bayi Banget Hijab, Nah saat pemaparan ibu Tyas tentang  Financial Planning untuk UKM. Para peserta jadi Melek tentang Financial Planning. Apalagi kata bu tyas mengatakan jangan setengah-setengah menjadi pengusaha dan jangan di jadikan sampingan, harus di serius dan di tekuni.



Tak Lupa ada  beberapa point yang didapat dari materi "Financial Planning". Mulai dari 
Mencatat setiap kegiatan bisnis kita dan harus konsisten dalam pencatatan, karena dengan 
Konsisten terhadap kegiatan tersebut  khususnya financial,  kita bisa  tahu kondisi kesehatan keuangan perusahaan kita, pencatatan perlu adanya Perhitungan HPP yang jelas,  Membuat laporan penjualan dan database. Miliki team dan harus ada pembagian tugas yang jelas,Owner Harus di Gaji. 

Lanjut Narasumber ke tiga oleh Mba agnes Pramasurya dalam  sesi ini,  mba Agnes menjelaskan tentang  Era industri 4.0. Dalam Era ini  hadir Drive dan claud sebagai ruang penyimpanan, jadi tidak perlu lagi menggunakan USB dalam  penyimpanan   data dan file. 


Dan di era industri 4.0 ini dalam  sehari-harian kita sudah melakukan segala aktivitas melalui gadget, Mulai melakukan transaksi   beli pulsa, bayar tagihan air dan listrik, tarik tunai, serta  transaksi perbankan dan lain lainnya.

Nah sekarang kita efisiensikan  Aktivitas kita di Luar Rumah. Sekarang jaman serba Online sehingga  pekerjaan Bisnis kita bisa dari Rumah atau dimana saja.

Dokumentasi:






Senin, 21 Oktober 2019

MISS GLOBAL BALI 2019 LUH SINTYA NIRMALA

Saya benar benar  terpesona dengan balutan gaun yang dikenakan oleh Miss Global Bali Luh Sintya Nirmala.  Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Universitas Udaya Bali yang merupakan perwakilan Miss Global Bali 2019 dan ewakili Bali ke ajang kontes Miss Global Indonesia yang akan diselenggarakan di kota Solo JawaTengah pada tanggal  14-18 November 2019 terlihat Cantik dan Anggun.
Luh Sintya Nirmala merupakan Gadis Telalang Gianyar kelahiran tahun 1998 sudah sangat mencintai dunia seni dan budaya Bali dari kecil. Kecintaannya akan dunia seni  hingga membawanya menekuni serius dunia Tari, khususnya Tari Bali seperti pemaparannya malam tanggal 19 oktoober 2019.

Luh Sintya Nirmala juga menngatakan bahwa sangat bersyukur bisa menyandang Miss Global Bali tahun ini dan bisa  mempromosikan kebudayaan Bali dan Indonesia di mata internasional, sehingga meningkatkan kujungan wisatawan macanegara ke Indonesia. Dengan menyandang Miss Global Bali 2019, maka Sintya Nirmala  mempunyai kewajiban dan tanggung jawab mempromosikan Seni dan kebudayaan Bali  Indonesia ke mancanegara, dengan harapan terbesar sektor pariwisata di Tanah Air mendapatkan kunjungan wisatawan naik.
                                                                                       Dokumentasi pribadi
Ajang malam penyematan mahkota atau crowning Miss Global Bali yang dibuka dengan sambutan dari Bapak Edi Sunyoto sebagai Asosiasi Travel Indonesia (ASITA), yang merupakan salah satu anggota stakeholder Gabungan Industri Pariwisata alias GIPI.

Pada malam ajang Miss Global Bali 2019 Regional Director Miss Global, Bapak Irfan Utamin, didampimmgi dari perwakian Asita, Dinas pariwisata Bali dan tokoh Puri Bahbatuh Gianyar, mengatakan ajang tersebut diselenggarakan untuk masing-masing daerah melakukan pemilihan atau penobatan yang akan mewakili masing-masing provinsi.  Serta kontes ini diikuti perwakilan 34 provinsi yang nantinya akan diselenggarakan di Kota Solo Jawa Tengan pada tanggal 14-18  November 2019. Selanjtnya Bapak Irfan mengatakan pemenang dari kontes di Kota Solo Jawatengah, akan mewakili Indonesia ke tingkat internasional dalam kontes Miss Global digelar di Meksiko akhir bulan November 2019.

Malam Penyematan Mahkota Miss Global Bali 2019, dilanjtkan Acara hiburan Fire Dance yang dengan atraksi yang buat para penonton termasuk saya sangat terhibur. Walaupun saya agak takut mellihatnya karena api yang keluar dari mulut.

Puncak Acaranya Luh Sintya Nirmala menampilkan atraksi tarian bali yang sangat luwes membuat mata semua tertuju padanya. Saya pun tak lepas dari pandangan mata menonton suguhan tarian bali Sintya. Semakin Cinta akan Seni dan budaya Bali.

                                                      Dokumentasi  pribadi
Besar Harapan di Ajang Grand Final yang akan diadakan di Solo tanggal 14 s/d 18 November 2019. Perwakilan Miss Global Bali dapat memenangkan ajang ini dan menjadi wakil Indonesia di ajang Misa Global Internasional. Karena dengan bekal Pengetahuan tentang Budaya Bali  yang akan disampaikan di ajang Grand Final disolo. Bisa memikat Juri sehingga dqpat lolos ke Miss Global Internasional. Dan sekaligus  budaya bali bisa menjadi daya dorong dan daya jual untuk peningkatan pertumbuhan Pariwisata indonesia khususnya Bali.

Dokumentasi :
                                                                                          Dokumentasi pribadi

Jumat, 13 September 2019

PENGELOLAN ZAKAT DIBANGUN BERDASARKAN KEPATUHAN SYARIAH

Sebagai umat Muslim kita mempunyai kewajiban membayar Zakat.  Zakat itu ada dalam Rukun islam ke-4. Biasanya membayar Zakat sering dilakukan dibulan Ramadan. Tapi tahu kah kamu bahwa zakat itu ada banyak macamnya. Dan Tujuan dari Zakat selain mensucikan diri kita  dan membantu banyak orang yang tidak mampu atau orang  yang sangat membutuhkan.

Pada tanggal 29 dan 30 agustus kami mengikuti Acara  yang diadakan oleh /Kementeri Agama membahas tentang perkembangan ekonomi syariah di Indonesia salahsatunya berupa Zakat danWakaf.  Pada Acara tersebut  Kementerian agama mengajak para Milenials untuk memberikan informasi tentang zakat yag dikelola oleh badan yang dipercaya pemerintah salah satunya BAZNAZ. Bisa di lihat pada Link ini.

Salah satu pembahasan dari acara tersebut tentang tujuan dan prinsip dari Kepatuhan  Syariah:
  •  Pelaksanaan Kepatuhan Syariah bertujuan untuk memastikan  pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat serta penggunaan hak amil dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
  • Prinsip-prinsip syariah dalam operasional lembaga  pengelola zakat meliputi asas-asas yang tercantum di dalam Undang-Undang Pengelolaan Zakat (UU No 23 Tahun 2011).tom of Form

Mari Kita membahas Tentang zakat.

Zakat itu  terdiri dari dua macam:
  • Zakat Fitrah adalah zakat wajib  dikeluarkan oleh umat Muslim pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah dibayar setara 3,5 liter (2,5 kilogram). Karena makanan pokok kita adalah Nasi, maka sebagai zakatnya adalah berupa beras.
Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah SAW mengatakan, “Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud). .

  • Zakat Maal  adalah zakat penghasilan seperti hasil pertanian, hasil pertambangan, hasil laut, hasil perniagaan, hasil ternak, emas dan perak. Masing-masing jenis penghasilan memiliki perhitungannya sendiri. Nisab zakat maal:
Cara menghitung zakat maal:
2,5% x Jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun
 
Siapa saja yang berhak menerima Zakat

QS. At-Taubah ayat 60, Allah memberikan ketentua ada 8 golongan.

8 Asnaf ( 8 Golongan) yang berhak menerima Zakat.  adapun Golongan tersebut sebagai berikut :

  • Fakir Golongan orang yang hampir tidak memiliki apapun sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidupnya dalam sehari hari.
  • Miskin  Golongan orang yang hanya memiliki harta, tetapi tidak bisa mencukupi kebutuhannya sehari hari.
  • Amil  adalah mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat.
  • Mu'alaf adalah meraka yang baru masuk atau baru memeluk agama Islam (MUALAF) dan memerlukan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan baru.
  • Hamba Sahaya adalah mereka yang ingin memerdekakan dirinya.
  • Gharimin adalah meraka  yang berutang untuk memenuhi kebutuhannya, dengan catatan bahwa kebutuhan tersebut adalah halal. Akan tetapi tidak sanggup untuk membayar utangnya.
  • Fisabilillah  adalah mereka yang berjuang di jalan Allah.
  • Ibnus Sabil  adalah mereka  yang kehabisan biaya dalam perjalanannya dalam ketaatan kepada Allah.
Adapun Hikmah dari zakat:
  • Mengurangi kesenjangan sosial antara yang kaya dan miskin.
  • Menjadikan hati bersih kembali.sehingga mengikis akhlak akhlak yang buruk.
  • Sebagai alat untuk pembersih harta.
  • Sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan.
  • Untuk pengembangan potensi ummat.
  • Sebagai rasa peduli terhadap sesama Muslim.
 "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka" (QS. at-Taubah)

 Dokumentasi :




Saatnya Remaja Indonesia Sehat Bebas Anemia

Tanggal 25 Januari 2021 merupakan Hari Gizi Nasional, di karena Pandemi acara tersebut berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Saya sendiri m...